Senin, 20 Juli 2015

Oksigen bagian 2

Sampai disitu kita sudah tahu apa itu udara ? Bagaimana Komposisinya? dan juga apa itu Triangle Fire? Bagaimana pembakaran yang baik dengan memanfaakan teori  Triangle Fire? sudah ngerti dong dengan Seputar hal tentang Oksigen.


Okey...................

Kita akan bahas apa itu Oksigen Analyzer?  Oksigen Analyzer juga dikenal dengan O2 Exces air detector atau Excex air detector.

Kegunaan dari Oksigen Analyzer itu sendiri  adalah untuk mendeteksi kadar oksigen dalam Udara atau dalam ruagan-ruangan yang terbatas seperti kadar oksigen dalam pembakaran, kadar oksigen dalam stack pembakaran (Exces air), kadar oksigen dalam ruangan yang membutuhkan keVakuman dari Oksigen. 

Dalam industri Oksigen analyzer sering digunakan untuk  mencapai pembakaran yang sempurna, mengatur tingkat pemanasan, memotitor tingkat polusi udara yang terjadi  jika pembakaran tidak sempurna. 

Oksigen Analyzer sering kita temukan di heater and boiler industry. Dengan adanya pemantauan kadar oksigen Industry bisa menghemat cost for fuel, meningkatkan eficiensi peralatan dan menghasilkan product yang baik juga mengurangi polusi bagi  lingkungan. 

Oksigen analyzer ada kalanya disebut Excer air detector tergantung dari aplikasi nya dilapangan.  karena sering dipakai memantau kadar oksigen sisa pembakaran dalam heater atau boiler karena sangat sulit untuk memantau kadar oksigen didalam(yang terpakai)secara langsung dengan temperature yang tinggi.
Kadar Oksigen didalam(terpakai) diperoleh dari hasil pengurangan kadar Oksigen diudara(21%) - kadar Oksigen sisa pembakaran

misalnya :

Oksigen analizer mendeteksi kadar udara di exces air pembakaran 3%
maka kadar udara yang terpakai pada proses pembakaran adalah 21% - 3% = 18%

Besaran kadar udara yang dibutuhkan untuk proses pembakaran tergantung dari jenis bahar bakar yang digunakan dan pemanasan bahan bakarnya.

Lalu Bagaimana dengan Oksigen analyzer itu sendiri?  terdiri dari apa saja? Bagaimana prinsip kerjanya? 

okey ......kita kan bahas terlebih dahulu komponen apa saja yang mencakup oksigen analyzer?

Pertama : Detektor

Detektor berguna untuk mengkonversi besaran kadar oksigen kedalam tegangan dalam satuan miliVolt (mV) biasanya yang selanjutnya kan dikoversikan lagi.

Detector terdiri dari sensor O2, sensor temperature, probe ( insitu or ex situ), heater sensor.

Kedua : Converter
  
Converter  terdiri dari modul power supply dan modul detektor.

Ketiga : auxiliary Calibaration


auxiliary Calibaration terdiri  Tabung span dan Zero kalbrasi. untuk span bisa digantikan dengan air istrumen yang memenuhi syarat untuk kalibrasi.

Keempat : other auxiliary

Regulator, Flow meter, Needle Valve, check Valve for calibration, tube.


bersambung.......................okey.

jangan lupa shared ke teman anda ya semakin banyak yang kunjungi sangat berguna untuk improve this blog to the best blog


0 komentar: